Sabtu, 16 Agustus 2014

Cara Membuat Code QR / Kode Batang

Hi sobat blogger, udah lama ni saya ga posting dikarnakan waktu yang tidak memadai, nah untuk postingan saya kali ini membahas soal code QR atau sering di sebut kode batang, sebelumnya ini sekilas pengetahuan tentang code QR tersebut:
 Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.
Penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar dari pada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. Kode QR telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang.

Nah sudah tau kan apa sebenarnya Code QR tersebut. mungkin sobat blogger bertanya tanya bagai mana merubah sebuah tulisan atau link web, maupun seperti pin BBM menjadi kode QR tersebut. jika iya, sobat blogger tak usah khawatir atau pusing" untuk merubah sesuatu menjadi kode QR tersebut, pada postingan kali ini saya akan membagikan cara membuatnya dengan mudah dan cepat. ok langsung saja kita bahas:
Klick link berikut ini http://goqr.me/#t=url maka akan tampil seperti pada gambar berikut
di bagian Type yang berada di sebelah kiri adalah type inputan atau type data yang akan di rubah ke kode QR, pilih type sesuai kebutuhan anda.
setelah memilih type, masukan data nya pada kolom contents, dan hasil kode QR bisa anda lihat di sebelah kanannya, anda dapat mendownload kode tersebut atau langsung embed kode QR tersebut ke web anda, mudah sekali bukan selamat mencoba ya terimakasi sudah mengunjungi blog saya





0 komentar:

Klick To Play Song